How to increase PHP Timeout on Nginx

Hae guys…

Kali ini saya akan berbagi cara bagaimana caranya meningkatkan timeout PHP pada Nginx. Sejujurnnya ini berasal dari pengalaman pribadi saya sendiri beberapa bulan lalu cuman baru kali ini saya tulis diblog saya. Karena kalau gak saya tulis, bisa-bisa nanti saya lupa lagi caranya karna ini sudah sering saya lupakan tidak seperti dia yang gak pernah aku lupain hahaha….

Timeout

Ok, untuk meningkatkan timeout PHP pada Nginx kita musti sedikit merubah beberapa config pada Nginx dan Tentu juga pada Php itu sendiri. Langsung saja, lihat apa yang musti kita ubah.

  1. Merubah “max_execution_time” pada php.ini
  2. Merubah “request_terminate_timeout” pada www .conf
  3. Merubah “fastcgi_read_timeout” pada site-available nama_domain.

Langsung saja kita mulai yah.

Pertama-tama kita berubah “max_execution_time” dengan cara ketikan peritah berikut:

sudo nano /etc/php5/fpm/php.ini

Ubah “max_execution_time” yang defaultnya adalah 30 second menjadi seperti yang anda inginkan misal 300. Untuk mempermudah menemukannya, tekan “CTRL + W” dan ketik “max_execution_time”.

Kedua kita udah value “request_timeout_terminate” dengan cara ketikan perintah berikut:

sudo nano /etc/php5/fpm/pool.d/www.conf

Ubah value “request_timeout_terminate” yang awalnya dicomment (diberi tanda #) dengan value 0 diuncomment terlebih dahulu dengan menghapus tangda # pada awal baris setelah itu ubah menjadi 300 seperti contoh diatas.

Ketiga kita tambahkan “fastcgi_read_timeout” pada site-available domain anda. Dengan cara mengetikan perintah berikut:

sudo nano /etc/nginx/site-available/namadomain

Lihat bagian baris yang mengeksekusi file php :

Jika pada vps anda menampung beberapa website dan anda ingin mebuat
timeout yang sama untuk setiap domainnya, maka anda harus
dilakukan adalah menambah 1 baris lagi pada “nginx.conf”.

Berikut caranya :

sudo nano /etc/nginx/nginx.conf

Tambahkan “fastcgi_read_timeout” diantara

Setelah semua sudah diubah, restart atau reload php5-fpm dan juga nginx anda agar membaca settingan yang sudah diubah tadi dengan cara:

sudo service nginx restart atau reload

sudo service php5-fpm restart atau reload

Oh iya, jenis os-nya yang saya gunakan adalah ubuntu. Kalau untuk os yang lain sy blom coba mungkin mirip-mirip juga atau mungkin bisa sama.

Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan dan telebih lagi buat saya yang keseringan lupa.

 

Leave a Reply

