Tak Kenal Maka Kenalan Dulu

Tak Kenal Mana Kenalan Dulu nanti juga bisa dapat lebih kok.

Sepertinya pepatah campuran ini pas buat tulisan saya kali ini. Ok lanjut~

Hae Ay~

Kali ini saya akan membahas bagaimana sebuah request bisa diizinkan untuk mengakses halaman tertentu disebuah website. Ditulisan saya ini akan memberikan contoh pada website Goodreads.com. Situs sosial media buku yang femes itu.

goodreads

Pada Goodreads.com ini mempunyai halaman yang dapat menampilkan list buku lebih banyak jika dalam posisi login. Misalnya :

http://www.goodreads.com/shelf/show/horror?page=2

http://www.goodreads.com/shelf/show/horror?page=3

http://www.goodreads.com/shelf/show/horror?page=4

http://www.goodreads.com/shelf/show/horror?page=50

Contoh url diatas dapat menampilkan list buku perpage dengan batas maximum page yang ditentukan oleh Goodreads itu sendiri yakni sampai ke page 50. Jadi, bagaimana kita bisa mengakses page tersebut? Ya berarti kita musti login dulu ke websitenya kan?

Untuk teman-teman yang lagi main soal ini, saya kebetulan membuat script menggunakan php dengan tujuan bisa langsung diterapkan pada website AGC (Auto Generate Content) teman-teman semua agar pada saat scraping datanya bisa lebih banyak. Silahkan liat potongan scrip dibawah ini :

Dari script diatas menjelaskan bagaimana kita mulai dan dimana tempatnya musti kita eksekusi haha…

Sedikit penjelas aja sih dari potongan script diatas :

  1. Login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat pada Goodreads.com
  2. Temukan cookies yang didapat saat login sukses
  3. Gunakan untuk meraba bagian-bagian yang terlarang.
  4. Ingat!! Rabalah pada tempatnya.

Berikut screenshot tempat saya :

Response Login
Response Login

 

Result Request
Result Request

 

Catatan : Script yang saya buat masih berjalan saat tulisan ini saya terbitkan.

Leave a Reply

