Konsep Management Proses in OS

What is a Process?

Sebuah proses adalah sebuah program sekuensial dalam pelaksanaan. Komponen proses adalah sebagai berikut:

Process Management

 

Proses manajemen merupakan bagian integral dari modern sistem operasi (OS). OS harus mengalokasikan sumber daya untuk proses , memungkinkan proses pertukaran informasi dan berbagi, melindungi sumber daya dari setiap proses dari proses lainnya dan memungkinkan sinkronisasi antar proses.Untuk memenuhi persyaratan ini, OS harus mempertahankan struktur data untuk setiap proses, yang menggambarkan dan sumber daya kepemilikan negara dari proses itu, dan yang memungkinkan OS untuk melakukan kontrol atas setiap proses.

Multiprogramming

Dalam banyak sistem operasi modern, terdapat lebih dari satu contoh dari sebuah program dimuat dalam memori pada saat yang sama, misalnya, lebih dari satu user bisa menjalankan program yang sama, setiap pengguna memiliki salinan yang terpisah dari program dimuat ke memori. Dengan beberapa program, dimungkinkan untuk memiliki satu salinan dimuat ke memori, sedangkan beberapa pengguna berbagi akses ke masing-masing sehingga mereka dapat mengeksekusi program kode-sama.Program tersebut adalah dikatakan ulang peserta . Para prosesor pada setiap instan hanya dapat menjalankan satu instruksi dari satu program tapi beberapa proses dapat dipertahankan selama periode waktu dengan menetapkan setiap proses prosesor pada interval sedangkan sisanya menjadi sementara tidak aktif. Sejumlah proses yang sedang dieksekusi selama periode waktu, bukan pada saat yang sama disebut eksekusi concurrent .

Sebuah multiprogramming atau multitasking OS adalah suatu sistem mengeksekusi banyak proses secara bersamaan. Multiprogramming mensyaratkan bahwa prosesor dialokasikan untuk setiap proses untuk jangka waktu dan de-dialokasikan pada saat yang tepat. Jika prosesor adalah de-dialokasikan selama pelaksanaan proses, itu harus dilakukan sedemikian rupa sehingga bisa restart kemudian semudah mungkin.

Ada dua cara yang mungkin untuk sebuah OS untuk mendapatkan kembali kontrol prosesor selama eksekusi sebuah program dalam rangka untuk OS untuk melakukan de-alokasi atau alokasi:

  1. isu Proses suatu system call (kadang-kadang disebut sebuah software interrupt ), misalnya, sebuah I / O terjadi permintaan meminta untuk mengakses file pada hard disk.
  2. Sebuah perangkat keras interrupt terjadi, misalnya, tombol ditekan pada keyboard, atau timer habis (digunakan dalam pre-emptive multitasking ).

Yang menghentikan satu proses dan memulai (atau restart) proses yang lain disebut context switch atau mengubah konteks. Dalam banyak sistem operasi modern, proses dapat terdiri dari banyak sub-proses. Ini memperkenalkan konsep thread . Sebuah thread dapat dilihat sebagai suatu proses-sub, yaitu seorang independen, urutan terpisah dari eksekusi dalam kode dari satu proses. Threads menjadi semakin penting dalam perancangan terdistribusi dan client-server sistem dan perangkat lunak berjalan pada prosesor multi- sistem.

Process States

During the lifespan of a process, its execution status may be in one of four states: (associated with each state is usually a queue on which the process resides)

 

     

  • Executing: roses sedang berjalan dan memiliki kontrol CPU
  • Waiting: proses saat ini mampu menjalankan, tetapi harus menunggu sampai CPU tersedia
  • Blocked: proses sedang menunggu I / O, baik untuk input untuk tiba atau keluaran untuk dikirim
  • Suspended: proses saat ini mampu menjalankan, tetapi untuk beberapa alasan OS tidak menempatkan proses pada antrian siap
  • Ready: proses ini dalam memori, akan mengeksekusi diberi waktu CPU.
  •  

Process Control Block (PCB)

Jika OS mendukung multiprogramming, maka perlu melacak semua proses. Untuk setiap proses,kontrol proses blok PCB digunakan untuk melacak’s eksekusi status proses, termasuk yang berikut:

  • Its prosesor saat mendaftar isi
  • Prosesor negara (jika sudah diblokir atau siap)
  • Its memori negara
  • Sebuah pointer ke dalam stack
  • Sumber daya yang telah dialokasikan untuk itu
  • Dimana sumber daya yang dibutuhkan

Sumber 1 : http://stargazer.bridgeport.edu/sed/projects/cs503/Spring_2001/kode/os/process.htm#using_what

Sumber 2: http://en.wikipedia.org/wiki/Process_management_(computing)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s